Electric Scooters for Adults Boise Idaho

Electric Scooters for Adults Boise Idaho

B. Indonesia quizzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzz


sebutkan proses pembuatan boneka

quizzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzz


sebutkan proses pembuatan boneka

boneka dari kain perca.

  • Alat Dan Bahan
  • Gunting
  • Sidol dan pensil
  • Gunting
  • Jarum jahit
  • Jarum pentul
  • Gambar boneka
  • Benang sulam
  • Kain perca
  • Manik-manik
  • Kancing baju
  • Isi boneka, bisa menggunakan dakron, kapas, atau potongan kecil kain perca.

Cara Membuat :

1. Membuat Pola Boneka.

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuat pola boneka. Pilihlah bentuk boneka yang akan dibuat terlebih dahulu. Setelah itu, gambar di atas kertas mengikuti bentuk boneka secara garis besar saja.

2. Memotong Pola Boneka.

Setelah pola selesai dibuat, lalu gunting kertas mengikuti gambar yang sudah ada. Usahakan memotongnya yang rapi agar boneka yang dibuat menjadi rapi juga.

3. Memindahkan Pola Ke

Kain Perca.

Pilihlah kain perca dengan berbagai macam warna yang kamu inginkan. Kemudian ambil pola yang sudah kamu buat di kertas, lalu tempelkan di atas kain dan gambar pola tersebut pada kain perca. Pola boneka yang akan dibuat pada kain perca bisa menggunakan pensil atau spidol.

4. Memotong Kain Perca.

Setelah pola tercetak pada kain, langkah selanjutnya adalah memotong kain sesuai pola. Memotong pola ini harus hati-hati ya, sebisa mungkin ikuti gambar yang sudah ada.

Selain mengikuti pola, pemotongan kain harus dilebihkan 1-2 cm untuk memperkuat jahitan boneka nantinya. Jadi, kalau kamu membuat pola, usahakan jangan dekat-dekat jarak antar polanya ya.

5. Menjahit Kain Perca.

Setelah kain perca menjadi beberapa pola yang sudah dibuat, langkah selanjutnya adalah menjahit. Proses menjaih ini sedikit rumit dan harus telaten.

Pertama, kamu harus mengambil pola yang bentuknya sama, lalu satukan. Nah, menyatukan kain percanya berseberangan ya, saling berhadapan kainnya.

Setelah itu jahit kain mengikuti pola yang sudah ada. Menjahit kain ini pada bagian dalam ya, jadi ketika sudah selesai dijahit nanti kainnya akan dibalik, dan jahitan akan berada di dalam boneka.

Sisakan juga sekitar 4-5 cm di samping tubuh boneka, jangan dijahit pada bagian ini. Sisa lubang yang belum dijahit ini nanti akan digunakan untuk memasukkan isi boneka. Selain itu, fungsi dari bagian yang belum dijahit adalah untuk membalik kain perca.

6. Mengisi Boneka.

Setelah kain perca selesai dijahit, selanjutnya kita tinggal memasukkan isian boneka. Kamu bisa menggunakan potongan kecil kain perca, spons, dakron, bulu angsa, atau kapuk.

Masukkan bahan isi sedikit demi sedikit, sambil di dorong menggunakan alat, misalnya pensil. Fungsi dari pendorongan adalah agar boneka nantinya menjadi padat.

Setelah terisi penuh, tinggal jahit lubang yang kita gunakan untuk memasukkan isi. Pertama, lipat terlebih dahulu kain ke bagian dalam, lalu jahit yang rapi.

7. Membuat Hiasan.

Hiasan boneka ini bisa bermacam-macam, kamu bisa membuat mata, hidung, atau telinga. Kalau bentuk bonekanya bukan boneka, kamu tinggal menyesuaikan saja.

Hiasan pada boneka ini bisa menggunakan kain perca yang sudah dipotong, pita, manik-manik, atau bisa juga menggunakan kancing baju. Kamu juga bisa menambahkan rambut menggunakan benang wol.

[answer.2.content]